BAB
II
KAJIAN
TEORITIK
A. Animasi
1.
Pengertian
Animasi
Animasi
adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam
definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses
pembuatannya sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika
berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga
keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur
gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik
untuk disaksikan.
2.
Jenis-jenis
Animasi
Secara
umum, animasi terbagi menjadi dua jenis. Yakni animasi 2D (2 Dimensi) dan 3D (3
Dimensi). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, berikut
penjelasannya :
a.
Animasi 2D (2
Dimensi)
Animasi
2D merupakan jenis animasi yang dibuat menggunakan rangkaian gambar seperti
yang penyusun jelaskan di halaman sebelumnya. Yakni seperti kita membuka foto
album, akan tetapi gambar satu dengan gambar sebelum atau sesudahnya memiliki
keterkaitan adegan. Kelebihan animasi ini adalah lebih mudah dalam membuat.
Kita hanya tinggal menggambar pergambar kunci (keyframe) yang dijdikan sebagai patokan adegan, kemudian kita
gambar pergerakannya, sedangkan Kekurangannya cukup jelas, yakni kita harus
menggambar semua adegan dalam animasi. Misalkan kita buat animasi 5 detik
dengan kecepatan 12 frame per second (gambar perdetik), maka kita perlu
menggambar sebanyak 60 gambar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.
b.
Animasi 3D (3
Dimensi)
Animasi
3D merupakan jenis animasi yang dibuat menggunakan CGI (Computer Generated Imaginary). Jadi, kita hanya membuat sebuah
objek dan lingkungannya dengan software dikomputer, kemudian kita gerakkan
objek tersebut. Kelebihan animasi 3D ini adalah waktu yang lebih cepat. Kita
hanya buat model, gerakkan, render menjadi sebuah video animasi. Lebih mudah
dan cepat. Tetapi animasi ini juga memiliki kelemahan dan kekurangan. Yakni
kita harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang tinggi agar dapat
menghasilkan gambar yang ciamik. Selain itu, harga software pembuat animasi ini juga terlalu mahal, diharga puluhan
juta. Tetapi kini sudah tersedia software
pembuat animasi ini dengan harga Rp.0, yakni Blender yang membuat animasi jadi
mudah dan murah tapi bukan murahan.
B. Adobe
Photoshop
1.
Pengertian
Adobe Photoshop
Adobe Photoshop
merupakan aplikasi yang bisa
dikatakan paling banyak dan paling sering digunakan oleh para editor untuk
mengedit gambar atau foto berbasis bitmap.
Perangkat lunak ini banyak digunakkan oleh fotografer
digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak
pengolah gambar/foto, dan bersama Adobe
Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2,
versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3,
versi ke sebelas adalah Adobe Photoshop
CS4, versi kedua belas adalah Adobe Photoshop CS5, dan versi yang
terakhir (ketiga belas) adalah Adobe
Photoshop CS6.
Photoshop
diciptakan pada tahun 1988 oleh Thomas dan Jhon Knoll. Sejak itu, ia telah
menjadi standar industri de facto
dalam mengedit grafis raster,
sehingga istilah “photoshopping” dan
“kontes photoshop” lahir. Hal ini
dapat mengedit dan menyusun gambar raster dalam beberapa lapisan dan mendukung
masker, alpha compositing dan
beberapa model warna RGB termasuk, CMYK,
ruang warna Lab (dengan model L), warna spot
dan duotone. Photoshop memiliki
dukungan luas untuk format file
grafis, tetapi juga menggunakan PSD sendiri dan format file PSB yang mendukung
semua fitur tersebut. Selain grafis raster, telah kemampuan untuk mengedit atau
membuat teks, grafik vektor (khususnya melalui kliping jalan), grafis 3D dan
video yang terbatas. Featureset photoshop
dapat diperluas dengan photoshop plug-in,
program yang dikembangkan dan didistribusikan secara independen dari photoshop yang dapat berjalan didalamnya
dan menawarkan fitur baru dan ditingkatkan.
2.
Kelebihan
Adobe Photoshop
Ada beberapa kelebihan Adobe Photoshop, diantaranya :
a.
Bisa
di gunakan untuk membuat tulisan dengan efek yang di inginkan.
Jika kalian ingin menulis nama anda menjadi tulisan
yang menakjubkan kalian bisa menggunakan fasilitas efek yang telah di sediakan
oleh photoshop, nantinya tulisan anda
pasti akan terlihat keren dari pada yang kalian bayangkan.
b. Dapat
di gunakan untuk mendesain maupun untuk editing gambar.
Jangan di kira photoshop hanya untuk di gunakan sekedar editing namun kalian juga
bisa mendesain gambar yang telah kalian rancang ataupun membuat logo kelas juga
dapat di lakukan di photoshop.
c. Fasilitas
untuk editing lebih lengkap di banding lainnya.
Fasilitas yang di miliki photoshop tidak ada yang menandingi
lagi, banyak fitur yang di miliki photoshop
menjadikan banyak pengguna.
d. Juga
untuk rekayasa foto.
Jika kalian mempunyai
foto asli di dalam photoshop nanti
akan bisa di ubah seakan – akan hanya sekedar gambaran.
e. Penyimpanan
dapat menggunakan berbagai format.
Format penyimpanan pun
tidak sekedar PSD, namun JPEG dan yang lainnya pun juga bisa.
3.
Kelemahan
Adobe Photoshop
Ada beberapa kelemahan Adobe Photoshop, diantaranya :
a.
Banyaknya
layer yang digunakan.
Terlalu
banyak layer maka pengguna pun lebih
bingung layer yang akan digunakan.
b.
Dalam
pembuatan majalah dan brosur.
Memang Adobe photoshop dalam pembuatan majalah
dan brosur kurang baik karena terlalu banyak tulisan dan tidak bisa sempurna
dalam pembuatan paragraf.
c.
Ukuran
yang di butuhkan terlalu besar.
Dalam penyimpanan hasil
Adobe photoshop ini membutuhkan
ukuran yang besar jika banyak layer yang di gunakan.
d.
Urusan
kertas cetak.
Dalam percetakan hasil Adobe photoshop, kertas ukuran umumnya
ataupun ukuran yang besar relatif sulit.
C.
Komputer
1.
Pengertian
Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan Aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, saat ini teknologi komputer sangatlah
berperan penting dalam kehidupan manusia yang berfungsi untuk menjalankan
intruksi-intruksi yang diperintahkan guna menghasilkan pekerjaan yang cepat dan
akurat.
2.
Jenis-Jenis
Komputer
Ada
beberapa jenis-jenis komputer, diantaranya :
a.
Personal
Komputer (PC).
b.
Laptop.
c.
Notebook.
d.
Subnotebook.
e.
Palmtop.
f.
PC tablet.
g.
Rugged
laptop.
h.
All
in One PC (Touchscreen
PC).
3.
Fungsi
Komputer
Ada beberapa fungsi-fungsi komputer, diantaranya :
a.
Sebagai sarana
untuk komunikasi.
b.
Sebagai alat
untuk pendidikan.
c.
Sebagai sarana
informasi.
d.
Sebagai sarana
hiburan.
e.
Sebagai sarana
usaha.
f.
Sebagai alat
mempermudah pekerjaan.
g.
Sebagai saran
penyimpanan data.
4.
Kelebihan
Komputer
Ada
beberapa kelebihan komputer, diantaranya :
a. Komputer dapat
memilih dan melakukan klasifikasi yang tinggi.
b. Komputer mampu
menyimpan dan mengolah data dalam jumlah besar.
c. Komputer mampu
melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi.
d.
Komputer dapat
melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan.
e.
Komputer dapat
menghasilkan informasi.
f. Komputer dapat
dipergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain.
5.
Kelemahan
Komputer
Ada beberapa kelemahan komputer,
diantaranya :
a.
Komputer tidak
dapat beroperasi tanpa intruksi.
b.
Komputer tidak
dapat beroperasi tanpa adanya pemakai/user.
D. Gambar
Pengertian
Gambar
Gambar adalah tiruan
barang yang meliputi orang, tumuhan, binatang, alam, dan sebagainnya yang dapat
dibuat dengan coretan pensil ataupun alat lain dengan media kertas dan
sebagainya. Dari sini kita tahu bahwa pengertian gambar itu sangat luas. Bukan
hanya dari objek gambar itu saja yang beragam, tapi alat menggambar pun
bermacam-macam. Tidak hanya dengan pensil, kita bisa menggambardengan kuas.
Semakin canggih dunia ini kita pun dapat memanfaatkan mesi untuk mencetak
gambar. Selain kertas juga dapat memakai media lainnya, seperti bambu, kayu,
keramik, kanvas, dinding dan masih banyak lagi. Inilah beberapa Pengertian Gambar
menurut para Ahli :
a.
Katherine
Klipper Merseth
Gambar memiliki nilai
lebih dari seribu kata-kata. Menurut katherine, gambar juga dapat mewakili
kata-kata yang ingin kita sampaikan, bahkan gambar dapat menjadi sangat ampuh
dalam menyampaikan pesan melebihi kata-kata jika digunakan dengan cerdik.
Buktinya saja disepanjang jalan kita sering menemukan gambar-gambar dengan kata
yang sedikit. Pemasang gambar pasti sudah tahu para pengguna jalan tidak punya
waktu untuk membaca kata-kata yang panjang.
b.
Tamiya Onodera
Gambar merupakan
replika dari alam. Banyak kita jumpai gambar-gambar yang sama persis dengan
suatu daerah atau mencontoh suatu tempat di belahan dunia ini. Misalnya :
gambar pegunungan, danau, pedesaan, dsb.
c.
Sudjono
Gambar merupakan karya
yang berasal dari jiwa dan bukan menjiplak dari orang lain. Pendapat sudjono
ini mendefinisikan gambar sama seperti lukisan. Lukisan yang dibuat antara
seniman satu dengan lainnya pastilah berbeda meskipun mereka melakukan
pengamatan pada objek yang sama, dengan alat dan media yang sama sekalipun.
Jadi, sebenarnya tindakan plagiat merupakan hal yang disengaja dan bukan tanpa
sadar.
d.
P.Hodges
Gambar bukan hanya
tentang secara fisik. Pendapat Hodges ini rupanya juga banyak dianut oleh
seniman, sekarang banyak ditemui lukisan abstrak.
e.
James B. Pawley
Gambar merupakan suatu
yang dapat dilihat serta terdiri atas ruang dan memiliki beberapa fitur. Gambar
menurut Pawley adalah yang menekankan detail dari sebuah objek.
f.
J. Mitchel
Gambar merupakan suatu
yang dapat menggambarkan kepribadian orang yang membuatnya. Mitchel ini
meyakini bahwa sebuah gambar juga dapat memperkenalkan karakteristik
pembuatnya.
E. Multimedia
1.
Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai
bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics,
animasi, video, interaktif maupun
suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi
atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiensnya. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata Multimedia itu sendiri berasal
dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan kata
media (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
sesuatu.
2.
Jenis-Jenis
Multimedia
Ada beberapa jenis-jenis
Multimedia, diantaranya :
a.
Multimedia Interaktif.
Pengguna
atau user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen
multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality, dll.
b.
Multimedia Hiperaktif.
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan
oleh pengguna melalui tautan (link)
dengan elemen-elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif.
Contoh: World
Wide Web, website, mobile banking, Game online, dll.
c.
Multimedia Linear/Squential.
Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang
berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film,
tutorial video, dll. Sedangkan Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi,
artinya ada interaksi antara media
dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.
Multimedia linear berlangsung tanpa
kontrol navigasi dari pengguna.
Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai
akhir.
Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV.
d.
Multimedia presentasi
pembelajaran.
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan.
Contoh: Microsoft Power Point.
e.
Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah software
pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan
guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge,
mengandung fitur assemen untuk
latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.
Contoh: Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
f.
Multimedia kits
Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran bahan
pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir
sekitar topik tunggal. yang termasuk diantaranya yaitu: cd-rom, slide, kaset audio, gambar diam, study cetak, transparasi overhead
tujuan: untuk presentasi dio kelas.
Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kits memiliki keunggulan yaitu dapat
diangkut dan digunakan diluar kelas (logiostik).
g.
Hypermedia
Dokumen
berurut non terdiri dari teks, audio, informasi visual disampan dalam komputer.
Contohnya: adalah
dengan pembelajaran menggunakan link pada
sebuah web.
h.
Media
Interaktif
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual, suara, dan
bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak
hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan
aktif. Keunggulan: beberapa media teks, audio, grafik, gambar diam, dan semua
gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
i.
Virtual
Realitas
Adalah
media yang dapat disulasiakan tempat di dunia nyata. Keunggulan: untuk
digunakan menggambarkan berbagai jenis aplikasi
umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.
3.
Kelebihan
Multimedia
Multimedia memilki suatu kelebihan
tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainnya. Kelebihan
dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan
gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
4.
Kelemahan
Multimedia
Ada
beberapa kelemahan Multimedia, diantaranya :
a. Design
yang
buruk akan menyebabkan kebingungan dan kebosanan atau pesan yang tidak
tersampaikan dengan baik.
b.
Kendala bagi
orang yang memiliki terbatas seperti cacar fisik.
c.
Tuntunan
terhadap spesifikasi komputer yang memadai.
F. Media
Pembelajaran
Pengertian
Media Pembelajaran
Istilah media berasal dari bahasa Latin yang
merupakan bentuk jamak dari "Medium" yang secara harafiah berarti
perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah
media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada
dasamya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam
pembelajaran disebut media pembelajaran. Adapun Pengertian Media pembelajaran
menurut para ahli:
a. Menurut
Heinich, Molenida, dan Russel (1993) berpendapat bahwa “teknologi atau media
pembelajaran sebagai penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam
tugas praktis belajar mengajar.
b. Menurut
Ali (1992) berpendapat bahwa “Media adalah berbagai jenis komponen dalam
lingkungan siswa yang dapar memberikan rangsangan untuk belajar”.
c. Menurut
Gagne (1990) berpendapat bahwa “Kondisi yang berbasis media meliputi jenis
penyajian yang disampaikan kepada para pembelajar dengan penjadwalan,
pengurutan dan pengorganisasian.
d. Menurut
Miarso (2004) berpendapat bahwa “Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang
digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar”.
e. Menurut
Arif S. Sadirman (1984) berpendapat bahwa “Media adalah segala alat fisik yang
dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa/i untuk belajar seperti film,
buku, dan kaset.
G.
Microsoft PowerPoint
Pengertian
Microsoft PowerPoint
Adalah salah satu
program aplikasi Microsoft Office
yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi,
mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. Microsoft PowerPoint pertama kali dikembangkan oleh
seorang karyawan perusahaan bernama Bob Gaskins dan Dennis Austin
sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought,
Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada
tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang
didukungnya adalah Apple Macintosh.
PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat
halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead
projector (OHP).
Microsoft PowerPoint
yaitu perangkat lunak (software) yang
mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan dan
penggunaanya relatif murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar